Sabtu, 19 Januari 2013

Fir'aun

Sejarawan akhirnya bisa menjawab teka-teki penyebab kematian Raja Firaun, Ramses III. Adanya celah di tenggorokan, Ramses III diduga menemui ajal akibat dicekik terkait suksesi oleh isteri dan anaknya.

Simpulan itu dibuat setelah melihat hasil CT scan yang mengungkapkan luka dalam dan lebar yang disembunyikan oleh perban yang menutupi lehernya, yang tidak bisa dihilangkan demi kepentingan pelestarian, kata para peneliti, Selasa, 18 Desember 2012.

"Kami telah memecahkan sebuah misteri penting dalam sejarah Mesir kuno," kata Albert Zink, seorang paleopatologis di Institute for Mummies and the Iceman di Italia, yang memimpin penyelidikan. Selama ini sejarawan masih bertanya-tanya mengenai penyebab kematian Ramses.

Selama studi di Museum Mesir di Kairo, peneliti menemukan benda kecil yang dimasukkan ke dalam luka raja. Menurut Zink, bahan itu sengaja ditempatkan di sana oleh pembalsemnya, dengan harapan akan merapatkan lukanya.

Ramses III, sering disebut sebagai Firaun Agung terakhir, memerintah Mesir pada sekitar 1186-1155 SM. Penyebab pasti kematiannya sengit diperdebatkan oleh para sejarawan.

Dokumen papirus di Museum Mesir di Turin menggambarkan konspirasi oleh Tiye, salah seorang istrinya, untuk membunuhnya agar Pentawere, anaknya, bisa naik takhta. Namun, konspirasi gagal dan semua orang yang terlibat dihukum.

Selama penyelidikan terbaru, sebuah studi genetik mumi yang sebelumnya tak dikenal kemungkinan adalah Pentawere. Studi ini menunjukkan bahwa ia mungkin tewas karena digantung.

"Selain itu, ia tidak dibalsem secara normal. Jazadnya hanya dibungkus dengan kulit kambing, sesuatu yang dianggap tidak lazim di masa itu," kata Zink. Pentawere mungkin telah dipaksa untuk bunuh diri sebagai hukuman atas konspirasi, kata Zink. namun menurut persi lain justru sejararawan menemukan ada kadar garam dalam tubuh Firaun,, mereka yakin itu sebagai bukti tanda kebesaran Allah SWT ketika Firaun dan Bala tentaranya serta harta-hartanya di tenggelamkan di lautan...

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review