Sabtu, 12 Januari 2013

CONTOH LPJ POKMAS CIKARET 2012


LAPORAN KEGIATAN
PROGRAM PERBAIKAN RUMAH TIDAK LAYAK HUNI
“ POKMAS CIKARET ”
KELURAHAN CIKARET KECAMATAN BOGOR SELATAN
                                                                        BOGOR       
A.    PENDAHULUAN
Pemugaran rumah tidak layak huni adalah merupakan salah satu program pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan penduduk Cikaret , kondisi rumah di Kelurahan Cikaret RW 09,  sebagian belum memenuhi standarisasi rumah sehat dan bersih, maka dengan ini sangatlah diperlukan pemugaran rumah tidak layak huni tersebut, sehingga masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup yang layak juga bisa meningkatkan ekonomi. Dan perlu diketahui bahwa kemampuan swadaya masyarakat masih belum mencukupi untuk kepentingan dimaksud, maka Kami sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pemda kota bogor.
B.    TUJUAN
Tujuan pemugaran rumah pra sejahtera yaitu :
1.     Membantu dan meringankan beban keluarga tidak mampu.
2.     Menciptakan rumah sehat dan bersih.
3.     Menciptakan kesemangatan kegiatan rutinitas keluarga tidak mampu.
4.     Menciptakan rasa gotong royong.
C.    SASARAN KEGIATAN
Guna menumbuhkembangkan gerakan swadaya masyarakat dalam kebersamaan, kemandirian dan peduli sosial yang didasarkan pada prinsif gotong royong sehingga akan memiliki manfaat dan dampak positif bagi masyarakat.
D.    JENIS KEGIATAN
Kegiatan yang dilaksanakan adalah perbaikan dan rehab rumah-rumah tidak layak huni diwilayah kelurahan Cikaret RW 09 dan RW 06,agar menjadi rumah-rumah yang layak untuk dihuni. Adapun kegiatannya sebagai berikut :
1.       Perbaikan Rumah Ikam RT 01/09 Kelurahan Cikaret
2.       Perbaikan Rumah Ujang Komar RT 02/09 Kelurahan Cikaret
3.       Perbaikan Rumah Ibu Acih RT 03/09 Kelurahan Cikaret
4.       Perbaikan Rumah Abdul Latif RT 03/06 Kelurahan Cikaret
5.       Perbaikan Rumah Subur RT 03/06 Kelurahan Cikaret
E.     HASIL YANG DICAPAI
Program RTLH Tahun 2012 di Kelurahan Cikaret berjalan dengan baik sesuia dengan yang diharapkan, dan dalam kegiatan PPRTLH  ini mendapat bantuan dari PEMDA KOTA BOGOR sebesar Rp. 30.000.000, ( Tiga Puluh Juta Rupiah ) dengan hasil yang dicapai sesuai dalam RAB kegiatan.
F.     PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
Pada dasarnya dalam pelaksanaan pengerjaan RTLH Tahun 2012 ini tidak terdapat permasalahan yang berat, namun dijumpai terdapat beberapa kendala seperti kurangnya tenaga tukang dilokasi pengerjaan RTLH, adanya ketidakseimbangan antara bantuan RTLH pada satu titik yang swadaya masayarakatnya rendah dan kurangnya pemahaman yang baik terhadap masyarakat akan fungsi bantuan yang bersifat Stimulan, sehingga banyak dari penerima bantuan RTLH  (yang sangat tidak mampu ) hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja tidak ada dukungan swadaya masyarakat mampu sekitar lingkungannya.






G.     PEMECAHAN MASALAH
Segala permasalahan yang ada diselesaikan melalui musyawarah bersama antara Pihak penerima bantuan dengan para pengurus wilayah setempat  dan berbagai kalangan tokoh masyarakat agar mendapatkan hasil Mufakat yang baik sehingga dapat bermanfaat bagi penerima bantuan dan masyarakat dilingkungan sekitarnya.
F.      MANFAAT KEGIATAN
Diharapkan Bantuan tersebut sangat bermanfaat khususnya bagi warga penerima bantuan, sehingga dapat menumbuh kembangkan rutinitas kegiatan secara positif yang berdampak pada pertumbuhan kesejahteraan masyarakat secara umum.
Bogor , 17 Nopember 2012
Sekretaris                                                                                 Ketua Pokmas




Suhendri                                                                                   M. Akasah SQ







0 komentar:

Poskan Komentar

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review